Kokoro No Tomo POP!

20.00
Bismillahirrahmanirrahiim


Assalamu alaikum!
Selamat pagi-siang-sore-malam sobat Blogger!! Lama sekali saya tidak mencoret-coret lagi di blog. Mungkin dikarenakan mulai disibukkan agenda per-koas-an dan persiapan untuk stase baru pasca stase pertama Radiologi, yaitu Anestesiologi, yang menyita waktu istirahat dan ilmu kedokteran saya, sehingga harus mulai belajar dan mengulang-ulang lagi materi yang dulu. Tapi, di waktu senggang lebih banyak saya habiskan dengan nonton, salah satunya menonton serial Kokoro no Tomo POP! yang ditayangkan di M***o TV setiap hari Sabtu jam 10 pagi (kalau ga salah, soalnya kebanyakan nonton via Youtube karena Sabtu pagi ga selalu bisa nonton). Haha.. intinya sih sebenarnya saya tidak sibuk, hanya saja baru keingetan buka blog lagi.. whhehehe. Dan kali ini, pengen ngebahas tentang Kokoro no Tomo POP!

Kokoro no Tomo cover picture. Rupanya, ada novelnya juga loh


Ada yang belum tahu 'Kokoro no Tomo POP' (kedepannya saya singkat jadi KNT Pop) itu apa? KNT Pop adalah sebuah acara yang ditayangkan oleh Kokoro No Tomo TV, yang menceritakan tentang keunikan dan hebatnya kultur di negara Sakura, Jepang. Dalam serial-serial sebelumnya, KNT dikemas seperti acara travelling (waktu edisi awal-awal, host nya Amanda Zevanya) yang kemudian singgah ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya tinggi di Jepang, ataupun ke tempat-tempat yang menunjukkan kehebatan teknologi negeri Sakura ini. Ya seperti acara jalan-jalan lain, tapi terkhusus ke Jepang.

Nah, pada edisi KNT Pop ini, konsepnya tetap sama, acara travelling, namun dimasukkan unsur drama antar dua karakter utama. Jadi, ga hanya acara jalan-jalan saja, tetapi ada cerita dan kisah menarik di dalamnya. Kalau saya menyebutnya travelling dorama. Haha. KNT Pop ini tetap mengisahkan budaya Jepang, mulai dari hal kecil seperti ojigi (seni menundukkan kepala kalau bertemu dengan orang lain), budaya zaman Edo dahulu, hingga memperkenalkan teknologi canggih buatan Jepang seperti mobil listrik, robot yang bisa dikendarai, sampai playroom PS4. Amazing!!

Nah, siapa sih karakter utama di KNT Pop ini? Ini nih gambarnya...

Ini dia dua karakter utama di serial Kokoro no Tomo POP!
Pada tau ga? Hehehehe...

Kokoro no Tomo ini mengisahkan tentang seorang laki-laki bernama Tomo (yang diperankan oleh Ryan Adriandhy, comic konyol yang sering eksis di Malam Minggu Miko Season 1 bareng bang Raditya Dika), yang mendapat jackpot berangkat ke Jepang memakai Garuda Airlines First Class dan dibiayai full akomodasi dan hidupnya selama 3 hari di Jepang (pada tengah-tengah cerita, mendadak Tomo extend 4 hari di Jepang). Sebelum berangkat ke Jepang, dia berkenalan dengan seorang gadis Jepang yang bernama Kokoro (diperankan oleh Yuki Kimoto, seorang former idol dari SDN 48) melalui media sosial. Nah, si Kokoro ini yang nanti akan menyambut Tomo di Jepang dan menemaninya berjalan-jalan ke berbagai tempat selama beberapa hari di negeri Sakura.

Menurut saya sendiri, saya langsung senang dengan acara ini karena menceritakan hal tentang Jepang (because i'm Japanese lover although I can't speak Japanese http://eemoticons.net  ). Amazing!! Diceritakan bagaimana Jepang merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi budaya dan sejarah. Terlihat dari hal pertama, yaitu ojigi, yang menunjukkan kita harus menjaga etika saat bertemu dengan orang lain. Dan ternyata, tundukan kepala dengan berbeda derajat itu memiliki arti yang berbeda-beda! (yang ga ngerti, nonton aja episode pertamanya). Kemudian, masyarakat yang bangga dengan budayanya dan tak malu menunjukkan budaya tersebut di depan khalayak umum, mulai dari budaya kontemporer seperti cosplay atau berpakaian seperti karakter anime, ataupun budaya klasik seperti berpakaian pakaian zaman Edo dan logat Edo. Masyarakat yang sangat menjunjung tinggi disiplin, kebersihan, dan kenyamanan. Terbukti bahwa angkutan umum di sana sangat bersih dan nyaman. Di jalan raya sangat tertib, bahkan jarang dijumpai kendaraan bermotor seperti di Indonesia, karena masyarakat mereka lebih memilih bekerja menggunakan sepeda. Waktu bagi mereka adalah uang, dan dalam cerita ini di episode pertama dikisahkan Kokoro yang kecewa dengan Tomo karena terlambat 15 menit dari waktu yang sudah dijanjikan (walah.. kalau di Indonesia bagaimana sob?). Kemudian, serial ini juga menceritakan banyak hal tentang teknologi termutakhir Jepang. Mulai dari kita bisa buat action figure diri kita sendiri (dalam bentuk 3D, dengan detail yang luar biasa! Wow!), mengendarai robot seperti Power Rangers di TV-TV, berbicara dengan tokoh virtual yang ternyata bisa berbagai bahasa, mengendarai mobil irit dan bertenaga listrik sampai-sampai dalam mobil bisa menyalakan oven atau kompor listrik untuk memasak air, wah pokoknya luar biasa sekali!

Hal kedua yang membuat saya tertarik adalah karakter utamanya. Saat awal menonton di Episode ke 3, begitu lihat bang Ryan yang main, saya langsung penasaran dan mengira ini acara drama komedi. Haha. Ternyata adalah travelling dorama. Tetapi, karakter Ryan sangat pas untuk memerankan Tomo, yang konyol, kocak, dan bold ('bold' itu yaa kurang lebih artinya ramah dan terbuka menyampaikan perasaan hati). Saat nonton Episode 1, bagian awal saja saya sudah ketawa, dimana Ryan maksudnya mau mengucapkan kata 'enak' (bahasa Jepang 'enak' sebab mencoba sebuah makanan adalah 'Oishi') saat diberi makanan enak oleh pramugari, malah nyebutin kata 'Kimochi'. Hahahahaha. ('Kimochi' bisa berarti enak, atau perasaan, tapi enaknya bersifat fisik dan batin, bukan rasa enak karena mencoba makanan). Dan masih banyak kekonyolan-kekonyolan lain yang dilakukan Tomo. Tapi, selain ramah, Tomo juga termasuk orang yang tidak ragu meminta maaf dan berterus terang. Intinya, ya seperti kebanyakan laki-laki Indonesia dah. Hahaha.

Karakter Kokoro sendiri diperankan oleh Yuki Kimoto, mantan idol dari grup SDN48. Yuki sendiri terhitung sukses memerankan karakter Kokoro yang imut (she's so kawaii ahahaha), pintar, dan cerdas. Kokoro disini diceritakan adalah sosok wanita Jepang yang sangat menjunjung tinggi kultur dan budaya negaranya. Sehingga, saat bertemu dengan Tomo yang sangat open dan ramah khas Indonesia serta terkesan cuek, beberapa kali terjadi perbenturan kultural. Mulai dari bahasa (ada sesi dimana Tomo hanya planga-plongo karena tidak paham bahasa Jepang, ada juga saat dimana Kokoro mencoba menyampaikan kata-kata melalui bahasa Indonesia dengan aksen yang lucu). Namun, justru karena keramahan dan kelucuan Tomo, Kokoro jadi menyenangi sosok Tomo. Dalam cerita, dia menceritakan Tomo itu unik, lucu, romantis, dan terbuka, sikap yang menurutnya sangat berbeda dengan lelaki di Jepang. Dalam perjalanan cerita, Tomo juga mulai menyenangi Kokoro yang menurutnya cantik dan baik. Namun, seperti hubungan antar manusia, mereka juga sempat bersitegang yang menyebabkan mereka saling berjauhan.

Serial ini sangat unik dan saya merekomendasikan untuk teman-teman, khususnya yang senang dengan hal-hal yang berbau Japanese, untuk menontonnya. Banyak hal-hal unik tentang Jepang yang bisa kalian temukan di serial ini, yang mungkin tidak ditemukan di acara travelling lain. Selain itu, alur ceritanya pun cukup bagus. Genre serialnya sih lebih mengarah ke comedy romance. Udah masuk scene yang lagi romantis-romantisnya, eh keluar twist nya. Hahaha. Ada juga scene sedihnya. Menurut saya, cukup unik dan bagus untuk ukuran serial travelling, meski kalau dibandingkan dengan serial film atau sinetron jelas berbeda. But overall, this is a good serial! 

So, selamat menonton di Youtube :p

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
16 Maret 2014 pukul 23.24 delete

kayaknya keren neh ada Ryan pula

Reply
avatar

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai :) Tinggalkan komentar, saran-saran, kesan dan pesan yang bermanfaat ya!! EmoticonEmoticon